TUGAS 2
A. DASAR TEORI
1. Netbeans
dan Eclipse
Pada 1991, sekelompok
insinyur Sun dipimpin oleh Patrick Naughton dan James Gosling ingin merancang
bahasa komputer untuk perangkat konsumer seperti cable TV Box. Dikarenakan perangkat
tersebut tidak memiliki banyak memori, bahasa harus berukuran kecil dan
mengandung kode yang liat. Juga karena manufakturmanufaktur berbeda memilih processor
yang berbeda pula, maka bahasa harus bebas dari manufaktur manapun.
Proyek diberi nama kode ”Green”.
Kebutuhan untuk
fleksibilitas, kecil, liat dan kode yang netral terhadap platform mengantar tim mempelajari
implementasi Pascal yang pernah dicoba. Niklaus Wirth, pencipta bahasa Pascal
telah merancang bahasa portabel yang menghasilkan intermediate code untuk mesin hipotesis.
Mesin ini sering disebut dengan mesin maya (virtual machine).
Kode ini kemudian dapat digunakan di sembarang mesin yang memiliki interpreter.
Proyek Green menggunakan mesin maya untuk mengatasi isu utama tentang netral
terhadap arsitektur mesin.
Karena orang–orang di
proyek Green berbasis C++ dan bukan Pascal maka kebanyakan sintaks
diambil dari C++, serta mengadopsi orientasi objek dan bukan prosedural. Mulanya
bahasa yang diciptakan diberi nama ”Oak” oleh James Gosling yang mendapat
inspirasi dari sebuah pohon yang berada pada seberang kantornya, namun
dikarenakan nama Oak sendiri merupakan nama bahasa pemrograman yang telah ada
sebelumnya, kemudian SUN menggantinya dengan JAVA. Nama JAVA sendiri
terinspirasi pada saat mereka sedang menikmati secangkir kopi di sebuah kedai
kopi yang kemudian dengan tidak sengaja salah satu dari mereka menyebutkan kata
JAVA yang mengandung arti asal bijih kopi. Akhirnya mereka sepakat untuk memberikan
nama bahasa pemrograman tersebut dengan nama Java.
Java telah mengakomodasi
hampir seluruh fitur penting bahasa–bahasa pemrograman yang ada
semenjak perkembangan komputasi modern manusia :
1. Dari SIMULA, bahasa pada
tahun 65-an, bahasa yang paling mempengaruhi Java sekaligus C++. Dari
bahasa ini diadopsi bentukan–bentukan dasar dari pemrograman berorientasi
objek.
2. Dari LISP – bahasa tahun
55-an. Diadopsi fasilitas garbage collection, serta kemampuan untuk meniru generic
list processing, meski fasilitas ini jarang yang memanfaatkannya.
3. Dari Algol – bahasa pada
tahun 60-an, diambil struktur kendali yang dimilikinya.
4. Dari C++, diadopsi
sintaks, sebagian semantiks dan exception handling
5. Dari bahasa Ada, diambil strongly
type, dan exception handling.
6. Dari Objective C, diambil
fasilitas interface.
7. Dari bahasa SmallTalk,
diambil pendekatan single-root class hiérarchie, dimana object adalah satu
kesatuan hirarki pewarisan
8. Dari bahasa Eiffel,
fasilitas assertion yang mulai diterapkan di sebagian JDK 1.4
2.
Penulisan Program di
Java, Input, Output
Sekarang, kita akan
mencoba untuk menganalisa program Java pertama :
public class Hello
{
/**
* My first java program
*/
public static void main(String[] args)
{
//menampilkan string ”Hello world” pada layar
System.out.println("Hello world!");
}
}
Baris pertama kode :
public class Hello
menandakan nama class yaitu Hello. Dalam Java, semua
kode seharusnya ditempatkan di dalam
deklarasi class. kita melakukannya dengan menggunakan kata kunci class.
Sebagai tambahan,
class menggunakan access
specifier public, yang mengindikasikan
bahwa class kita
mempunyai akses bebas ke class yang lain dari package yang lain pula (package merupakan kumpulan
class-class). Kita akan membahas lebih dalam mengenai package dan access specifier pada pembahasan
selanjutnya.
Baris berikutnya yaitu
yang terdiri atas kurung kurawal { menandakan awal blok. Pada kode ini, kita
menempatkan kurung kurawal pada baris selanjutnya setelah deklarasi class,
bagaimanapun, kita dapat juga meletakkan kurung kurawal ini setelah baris
pertama dari kode yang kita tulis. Jadi, kita dapat menulis kode kita sebagai
berikut :
public class Hello
{
atau
public class Hello {
Tiga baris selanjutnya
menandakan adanya komentar Java. Komentar adalah sesuatu yang digunakan untuk
mendokumentasikan setiap bagian dari kode yang ditulis. Komentar bukan merupakan bagian dari
program itu sendiri, tetapi digunakan untuk tujuan dokumentasi. Komentar itu sendiri
dapat ditambahkan pada kode yang Anda tulis sebagai petunjuk yang dapat membantu proses
pembelajaran pemrograman yang baik.
/**
* My first java program
*/
Komentar dinyatakan
dengan tanda “/*” dan “*/”. Segala sesuatu yang ada diantara tanda tersebut diabaikan oleh
compiler Java, dan mereka hanya dianggap sebagai komentar. Baris selanjutnya,
public static void
main(String[] args){
atau dapat juga ditulis
sebagai berikut,
public static void
main(String[] args)
{
mengindikasikan nama
suatu method dalam class Hello yang bertindak sebagai method utama. Method utama adalah titik
awal dari suatu program Java. Semua program kecuali applet yang ditulis dalam
bahasa Java dimulai dengan method utama. Yakinkan untuk mengikuti kaidah
penulisan tanda yang benar. Baris
selanjutnya juga merupakan komentar,
//Menampilkan string
"Hello world" pada layar
Sekarang kita mempelajari
2 cara untuk membuat komentar. Cara pertama adalah dengan menempatkan komentar
dalam /* dan */, dan cara yang lain adalah dengan menuliskan tanda // pada awal
komentar
System.out.println("Hello
world!");
menampilkan teks “Hello
World!” pada layar. Perintah System.out.println(), menampilkan teks yang diapit oleh
tanda double pute (“ ”) pada layar.
Dua baris terakhir yang
terdiri atas dua kurung kurawal digunakan untuk menutup method utama dan masing-masing
class secara berurutan.
3.
Operator: Assigment,
Matematika, Perbandingan, Logika
Assignment, Arithmetic, and Unary
Operators
The Simple Assignment Operator
One
of the most common operators that you'll encounter is the simple assignment
operator "=". You saw this operator in the Bicycle class; it assigns
the value on its right to the operand on its left:
int cadence = 0;
int speed = 0;
int gear = 1;
This
operator can also be used on objects to assign object references, as
discussed in Creating Objects.
The Arithmetic Operators
The
Java programming language provides operators that perform addition,
subtraction, multiplication, and division. There's a good chance you'll
recognize them by their counterparts in basic mathematics. The only symbol that
might look new to you is "%", which divides one operand by another
and returns the remainder as its result.
+ additive
operator (also used for
String
concatenation)
- subtraction
operator
* multiplication
operator
/ division
operator
% remainder
operator
class ArithmeticDemo {
public static void
main (String[] args){
// result is
now 3
int result = 1
+ 2;
System.out.println(result);
// result is
now 2
result =
result - 1;
System.out.println(result);
// result is
now 4
result =
result * 2;
System.out.println(result);
// result is
now 2
result =
result / 2;
System.out.println(result);
// result is
now 10
result =
result + 8;
// result is
now 3
result =
result % 7;
System.out.println(result);
}
}
You
can also combine the arithmetic operators with the simple assignment operator
to create compound assignments. For example, x+=1; and x=x+1; both
increment the value of x by 1.
The
+ operator can also be used for concatenating (joining) two strings together,
as shown in the following ConcatDemo program:
class ConcatDemo {
public static void
main(String[] args){
String
firstString = "This is";
String
secondString = " a concatenated string.";
String
thirdString = firstString+secondString;
System.out.println(thirdString);
}
}
By
the end of this program, the variable thirdString contains "This is a
concatenated string.", which gets printed to standard output.
The Unary Operators
The
unary operators require only one operand; they perform various operations such
as incrementing/decrementing a value by one, negating an expression, or
inverting the value of a boolean.
+ Unary plus
operator; indicates
positive value
(numbers are
positive
without this, however)
- Unary minus
operator; negates
an expression
++ Increment
operator; increments
a value by 1
-- Decrement operator;
decrements
a value by 1
! Logical
complement operator;
inverts the
value of a boolean
class UnaryDemo {
public static void
main(String[] args){
// result is
now 1
int result =
+1;
System.out.println(result);
// result is
now 0
result--;
System.out.println(result);
// result is
now 1
result++;
System.out.println(result);
// result is
now -1
result =
-result;
System.out.println(result);
boolean
success = false;
// false
System.out.println(success);
// true
System.out.println(!success);
}
}
The
increment/decrement operators can be applied before (prefix) or after (postfix)
the operand. The code result++; and ++result; will both end in result being
incremented by one. The only difference is that the prefix version (++result)
evaluates to the incremented value, whereas the postfix version (result++)
evaluates to the original value. If you are just performing a simple
increment/decrement, it doesn't really matter which version you choose. But if
you use this operator in part of a larger expression, the one that you choose
may make a significant difference.
class PrePostDemo {
public static void
main(String[] args){
int i = 3;
i++;
// prints 4
System.out.println(i);
++i;
// prints 5
System.out.println(i);
// prints 6
System.out.println(++i);
// prints 6
System.out.println(i++);
// prints 7
System.out.println(i);
}
}
4.
Tingkatan Operator
Operator
Operator adalah karakter khusus yang memerintahkan compiler untuk melakukan operasi
terhadap sejumlah operand . Perintah
operasi dispesifikasikan oleh operator yang operandnya berupa variabel ,
pernyataan atau konstanta
Menurut tempatnya
dan Operand yang diproses, operator
dibagi menjadi 5 yaitu :
·
Operator unary : Operator yang
mengolah satu operand
·
Operator prefix : Operator yang
ditempatkan sebelum operand
·
Operator biner infiks : Operator
yang ditempatkan diantara dua operand
·
Operator postfiks : Operator yang
ditempatkan setelah operand .
·
Operator ternary : Operator yang
membutuhkan tiga operand
Menurut
jenisnya operator dasar Java ada 4 yaitu : aritmatika,
bitwise,relasi dal logika.
Operator dan Aritmatika
Digunakan untuk
proses matematika . Operator aritmatika tidak bisa digunakan untuk tipe Boolean
tetapi dapat digunakan pada tipe char . Anggota dari operator aritmatika
sebagai berikut :
Operator
|
Hasil
|
+
|
Penjumlahan
|
+=
|
Persamaan Penjumlahan
|
-
|
Pengurangan ( unary minus )
|
-=
|
Persamaan Pengurangan
|
*
|
Perkalian
|
*=
|
Persamaan Perkalian
|
/
|
Pembagian
|
/=
|
Persamaan Pembagian
|
%
|
Modulus (Sisa Pembagian)
|
%=
|
Persamaan Modulus
|
++
|
Penambahan
|
--
|
Pengurangan
|
Contoh
:
int a = 1 + 1;
int b = a * 5;
int c = b / 10;
int d = c - 1;
int e = -a;
int
x = 42 % 10; //Modulus/Pembagian sisa nilai x =2
i+ = 4; //artinya i = i + 4
j- = 2; //artinya j = j - 2
k* = 3; //artinya k = k * 3
a/ = 2; //artinya a = a/2
b% = 2; //artinya b = b % 2
Operator Bitwise Integer
Tipe numeric integer : long , int , short , char dan byte
memiliki operator tambahan yang dapat memodifikasi dan memeriksa bit bit yang
menyusun nilainya. Operatornya adalah sebagai berikut :
Operator
|
Hasil
|
~
|
Unary Not
|
&
|
AND
|
|
|
OR
|
^
|
Exclusive OR
|
>>
|
Shift kanan
|
>>>
|
Shift kanan , isi dengan nol
|
<<
|
Shift kiri
|
&=
|
Pernyatataan AND
|
|=
|
Pernyataan OR
|
^=
|
Pernyataan exclusive OR
|
>>=
|
Pernyataan shift kanan
|
>>>=
|
Pernyataan shift kanan , isi
dengan nol
|
<<=
|
Pernyataan shift kiri
|
Operator bitwise
mengkonversi bilangan decimal ke dalam bentuk biner kemudian dimanipulasi
sesuai dengan operatornya . Contoh :
10 diubah menjadi 1010
~10 hasilnya : NOT 1010 = 0101 ( membalikkan / invers semua
bit )
10 & 2 = 1010 10|2= 1010
0010 0010
_____
& ____
|
0010 1010
Operator Relasi
Digunakan untuk membandingkan dua buah nilai , yang
dijabarkan pada table berikut :
Operator
|
Hasil
|
==
|
Sama dengan
|
!=
|
Tidak sama dengan
|
>
|
Lebih besar dari
|
<
|
Lebih kecil dar
|
>=
|
Lebih besar sama dengan
|
<=
|
Lebih kecil sama dengan
|
Semua operator diatas akan menghasilkan nlai Boolean (true
dan false ) contoh :
int a = 4
int b = 2
Boolean c = a < b; // c bernilai false
Operator Logika Boolean
Operator ini bekerja pada operand Boolean , yang akan
memanipulasi nilai Boolean untuk menghasilkan nilai Boolean pula , contoh :
Operator
|
Hasil
|
&
|
Logika
AND
|
|
|
Logika
OR
|
^
|
Logika
XOR
|
||
|
Hubungan
– singkat OR
|
&&
|
Hubungan
– singkat AND
|
!
|
Hubungan
– singkat NOT
|
&=
|
Pernyataan
AND
|
!=
|
Pernyataan
OR
|
^=
|
Pernyataan
XOR
|
==
|
Sama
Dengan
|
!=
|
Tidak
sama dengan
|
?:
|
Operator
tenary if-then-else
|
Boolean
q=true;
Boolean
b=false;
Boolean
c=a | b;
Boolean
d=a & b;
Operator hubungan
singkat ( short circuit logical operator) digunakan apabila ada dua operan (
operan kanan dan operan kiri ) dimana operan kanan bergantung pada operan kiri,
baik true maupun false.
Contoh : if 9
denom ! = 0 && num / denom > 10)
Keterangan :
Bila nilai denom = 0 , maka nilainya adalah false sehingga
operan kanan tidak akan diperiksa karena hasilnya false sesuai dengan operan
kiri.
Bila nilai denom !=0 , maka nilainya adalah true dan perlu
di ANDkan dengan num/denom >10, sehingga operan kiri dan kanan perlu
diANDkan untuk mengetahui hasil logikanya (TRUE atau FALSE)
Operator
Ternary if – then – else membutuhkan 3 parameter yang bentuknya adalah sebagai
berikut ;
Expression ? statement1 : statemen2
Keterangan
: Expression berupa pernyataan yang memeriksa besaran Boolean . Jika hasilnya
true maka statement1 dijalankan , sebaliknya jika hasilnya false maka statemen2
dijalankan . Syaratnya statement1 dan 2 harus menghasilkan tipe yang sama dan
tidak boleh void.
Contoh:
Ratio = denom == 0 ? 0 : num /
denom;
Ketika dijalankan Java akanmemeriksa
pernyataan disebalah kiri ? ( denom == 0) , jiks denom = 0 maka pernyataan diantara
tanda tanda ? dan : akan diperiksa dan ditetapkan sebagai hasil / nilai Ratio,
sebaliknya jika tidak sama dengan 0 maka pernyataan num/ denom yang ditetapkan
sebagai hasil / nila Ratio.
Preseden Operator
Preseden operator menunjukkan adanya urutan tingkatan
operator ( hirarki) yang penjabarannya pada table berikut :
tertinggi
|
|||
( )
|
[ ]
|
||
++
|
--
|
~
|
!
|
*
|
/
|
%
|
|
+
|
-
|
||
>>
|
>>>
|
<<
|
|
>
|
>=
|
<
|
<=
|
==
|
!=
|
||
&
|
|||
^
|
|||
|
|
|||
&&
|
|||
||
|
|||
? :
|
|||
terendah
|
5.
Percabangan (if,
if....else, if...elseif...., switch)
The if-then and if-then-else Statements
The if-then
Statement
The
if-then
statement
is the most basic of all the control flow statements. It tells your program to
execute a certain section of code only if a particular test evaluates to
true
. For example, the Bicycle
class could allow the brakes to decrease the bicycle's speed only if the
bicycle is already in motion. One possible implementation of the applyBrakes
method could be as follows:void applyBrakes() {
// the "if" clause: bicycle must be moving
if (isMoving){
// the "then" clause: decrease current speed
currentSpeed--;
}
}
If this test evaluates to
false
(meaning that the bicycle is not in motion), control jumps to the end of the if-then
statement.
In addition, the opening and closing braces are optional, provided that
the "then" clause contains only one statement:
void applyBrakes() {
// same as above, but without braces
if (isMoving)
currentSpeed--;
}
Deciding when to omit the braces is a matter of personal taste.
Omitting them can make the code more brittle. If a second statement is later
added to the "then" clause, a common mistake would be forgetting to
add the newly required braces. The compiler cannot catch this sort of error;
you'll just get the wrong results.
The if-then-else
Statement
The
if-then-else
statement provides a secondary path of execution when an "if" clause
evaluates to false
. You could
use an if-then-else
statement in
the applyBrakes
method to take
some action if the brakes are applied when the bicycle is not in motion. In
this case, the action is to simply print an error message stating that the
bicycle has already stopped.void applyBrakes() {
if (isMoving) {
currentSpeed--;
} else {
System.err.println("The bicycle has already stopped!");
}
}
The following program,
IfElseDemo
, assigns a grade based on the value of a test
score: an A for a score of 90% or above, a B for a score of 80% or above, and
so on.
class IfElseDemo {
public static void main(String[] args) {
int testscore = 76;
char grade;
if (testscore >= 90) {
grade = 'A';
} else if (testscore >= 80) {
grade = 'B';
} else if (testscore >= 70) {
grade = 'C';
} else if (testscore >= 60) {
grade = 'D';
} else {
grade = 'F';
}
System.out.println("Grade = " + grade);
}
}
The output from the program is:
Grade = C
You may have noticed that the value of
testscore
can satisfy more than one expression in the compound statement: 76
>= 70
and 76 >= 60
.
However, once a condition is satisfied, the appropriate statements are executed
(grade = 'C';)
and the
remaining conditions are not evaluated.
The switch Statement
Unlike
if-then
and if-then-else
statements, the switch
statement
can have a number of possible execution paths. A switch
works with the byte
, short
,
char
, and int
primitive data types. It also works with enumerated types (discussed in Enum Types), the String
class, and a few special classes that wrap
certain primitive types: Character
, Byte
, Short
, and Integer
(discussed in Numbers and Strings).
The following code example,
SwitchDemo
, declares an int
named month
whose value
represents a month. The code displays the name of the month, based on the value
of month
, using the switch
statement.
public class SwitchDemo {
public static void main(String[] args) {
int month = 8;
String monthString;
switch (month) {
case 1: monthString = "January";
break;
case 2: monthString = "February";
break;
case 3: monthString = "March";
break;
case 4: monthString = "April";
break;
case 5: monthString = "May";
break;
case 6: monthString = "June";
break;
case 7: monthString = "July";
break;
case 8: monthString = "August";
break;
case 9: monthString = "September";
break;
case 10: monthString = "October";
break;
case 11: monthString = "November";
break;
case 12: monthString = "December";
break;
default: monthString = "Invalid month";
break;
}
System.out.println(monthString);
}
}
In this case,
August
is printed
to standard output.
The body of a
switch
statement is
known as a switch block. A statement in the switch
block can be labeled with one or more case
or default
labels. The switch
statement evaluates its expression, then executes all statements that follow
the matching case
label.
You could also display the name of the month with
if-then-else
statements:int month = 8;
if (month == 1) {
System.out.println("January");
} else if (month == 2) {
System.out.println("February");
}
... // and so on
Deciding whether to use
if-then-else
statements or a switch
statement is
based on readability and the expression that the statement is testing. An if-then-else
statement can test expressions based on ranges of values or conditions, whereas
a switch
statement tests
expressions based only on a single integer, enumerated value, or String
object.
Another point of interest is the
break
statement. Each break
statement
terminates the enclosing switch
statement. Control flow continues with the first statement following the switch
block. The break
statements
are necessary because without them, statements in switch
blocks fall through: All statements after the matching case
label are executed in sequence, regardless of the expression of subsequent case
labels, until a break
statement is
encountered. The program SwitchDemoFallThrough
shows statements in a switch
block that fall through. The program displays the month corresponding to the
integer month
and the months that
follow in the year:
public class SwitchDemoFallThrough {
public static void main(String[] args) {
java.util.ArrayList<String> futureMonths =
new java.util.ArrayList<String>();
int month = 8;
switch (month) {
case 1: futureMonths.add("January");
case 2: futureMonths.add("February");
case 3: futureMonths.add("March");
case 4: futureMonths.add("April");
case 5: futureMonths.add("May");
case 6: futureMonths.add("June");
case 7: futureMonths.add("July");
case 8: futureMonths.add("August");
case 9: futureMonths.add("September");
case 10: futureMonths.add("October");
case 11: futureMonths.add("November");
case 12: futureMonths.add("December");
break;
default: break;
}
if (futureMonths.isEmpty()) {
System.out.println("Invalid month number");
} else {
for (String monthName : futureMonths) {
System.out.println(monthName);
}
}
}
}
This is the output from the code:
August
September
October
November
December
Technically, the final
break
is not required because flow falls out of the switch
statement. Using a break
is
recommended so that modifying the code is easier and less error prone. The default
section handles all values that are not explicitly handled by one of the case
sections.
The following code example,
SwitchDemo2
, shows how a statement can have multiple case
labels. The code example calculates the number of days in a particular month:
class SwitchDemo2 {
public static void main(String[] args) {
int month = 2;
int year = 2000;
int numDays = 0;
switch (month) {
case 1: case 3: case 5:
case 7: case 8: case 10:
case 12:
numDays = 31;
break;
case 4: case 6:
case 9: case 11:
numDays = 30;
break;
case 2:
if (((year % 4 == 0) &&
!(year % 100 == 0))
|| (year % 400 == 0))
numDays = 29;
else
numDays = 28;
break;
default:
System.out.println("Invalid month.");
break;
}
System.out.println("Number of Days = "
+ numDays);
}
}
This is the output from the code:
Number of Days = 29
Using Strings in switch Statements
In Java SE 7 and later, you can use a
String
object in the switch
statement's
expression. The following code example, StringSwitchDemo
, displays the number of the month based on
the value of the String
named month
:
public class StringSwitchDemo {
public static int getMonthNumber(String month) {
int monthNumber = 0;
if (month == null) {
return monthNumber;
}
switch (month.toLowerCase()) {
case "january":
monthNumber = 1;
break;
case "february":
monthNumber = 2;
break;
case "march":
monthNumber = 3;
break;
case "april":
monthNumber = 4;
break;
case "may":
monthNumber = 5;
break;
case "june":
monthNumber = 6;
break;
case "july":
monthNumber = 7;
break;
case "august":
monthNumber = 8;
break;
case "september":
monthNumber = 9;
break;
case "october":
monthNumber = 10;
break;
case "november":
monthNumber = 11;
break;
case "december":
monthNumber = 12;
break;
default:
monthNumber = 0;
break;
}
return monthNumber;
}
public static void main(String[] args) {
String month = "August";
int returnedMonthNumber =
StringSwitchDemo.getMonthNumber(month);
if (returnedMonthNumber == 0) {
System.out.println("Invalid month");
} else {
System.out.println(returnedMonthNumber);
}
}
}
The output from this code is
8
.
The
String
in the switch
expression is compared with the expressions associated with each case
label as if the String.equals
method were being used. In order for the StringSwitchDemo
example to accept any month regardless of case, month
is converted to lowercase (with the toLowerCase
method), and all the strings associated with
the case
labels are in
lowercase.
Note: This example checks if the expression in the
switch
statement is null
. Ensure that
the expression in any switch
statement is
not null to prevent a NullPointerException
from being thrown.
The while and do-while Statements
The
while
statement
continually executes a block of statements while a particular condition is true
.
Its syntax can be expressed as:while (expression) {
statement(s)
}
The
while
statement
evaluates expression, which must return a boolean
value. If the expression evaluates to true
,
the while
statement executes
the statement(s) in the while
block. The while
statement
continues testing the expression and executing its block until the expression
evaluates to false
. Using the while
statement to print the values from 1 through 10 can be accomplished as in the
following WhileDemo
program:
class WhileDemo {
public static void main(String[] args){
int count = 1;
while (count < 11) {
System.out.println("Count is: " + count);
count++;
}
}
}
You can implement an infinite loop using the
while
statement as follows:while (true){
// your code goes here
}
The Java programming language also provides a
do-while
statement, which can be expressed as follows:do {
statement(s)
} while (expression);
The difference between
do-while
and while
is that do-while
evaluates its expression at the bottom of the loop instead of the top.
Therefore, the statements within the do
block are always executed at least once, as shown in the following DoWhileDemo
program:
class DoWhileDemo {
public static void main(String[] args){
int count = 1;
do {
System.out.println("Count is: " + count);
count++;
} while (count < 11);
}
}
The for Statement
The for statement provides a compact
way to iterate over a range of values. Programmers often refer to it as the
"for loop" because of the way in which it repeatedly loops until a
particular condition is satisfied. The general form of the for statement can be
expressed as follows:
for (initialization; termination;
increment)
{
statement(s)
}
When using this version of the for
statement, keep in mind that:
·
The initialization expression
initializes the loop; it's executed once, as the loop begins.
·
When the termination
expression evaluates to false, the loop terminates.
·
The increment expression is
invoked after each iteration through the loop; it is perfectly acceptable for
this expression to increment or decrement a value.
The following program, ForDemo, uses the
general form of the for statement to print the numbers 1 through 10 to standard
output:
class ForDemo {
public static void
main(String[] args){
for(int i=1;
i<11; i++){
System.out.println("Count is: " + i);
}
}
}
The output of this program is:
Count is: 1
Count is: 2
Count is: 3
Count is: 4
Count is: 5
Count is: 6
Count is: 7
Count is: 8
Count is: 9
Count is: 10
Notice how the code declares a
variable within the initialization expression. The scope of this variable
extends from its declaration to the end of the block governed by the for
statement, so it can be used in the termination and increment expressions as
well. If the variable that controls a for statement is not needed outside of
the loop, it's best to declare the variable in the initialization expression.
The names i, j, and k are often used to control for loops; declaring them
within the initialization expression limits their life span and reduces errors.
The three expressions of the for
loop are optional; an infinite loop can be created as follows:
// infinite loop
for ( ; ; ) {
// your code goes
here
}
The for statement also has another
form designed for iteration through Collections and arrays This form
is sometimes referred to as the enhanced for statement, and can be used
to make your loops more compact and easy to read. To demonstrate, consider the
following array, which holds the numbers 1 through 10:
int[] numbers = {1,2,3,4,5,6,7,8,9,10};
class EnhancedForDemo {
public static void
main(String[] args){
int[] numbers
=
{1,2,3,4,5,6,7,8,9,10};
for (int item
: numbers) {
System.out.println("Count is: " + item);
}
}
}
In this example, the variable item
holds the current value from the numbers array. The output from this program is
the same as before:
Count is: 1
Count is: 2
Count is: 3
Count is: 4
Count is: 5
Count is: 6
Count is: 7
Count is: 8
Count is: 9
Count is: 10
We recommend using this form of the for
statement instead of the general form whenever possible.
Branching Statements
The break
Statement
The
break
statement has
two forms: labeled and unlabeled. You saw the unlabeled form in the previous
discussion of the switch
statement.
You can also use an unlabeled break
to terminate a for
, while
,
or do-while
loop, as shown in
the following BreakDemo
program:class BreakDemo {
public static void main(String[] args) {
int[] arrayOfInts =
{ 32, 87, 3, 589,
12, 1076, 2000,
8, 622, 127 };
int searchfor = 12;
int i;
boolean foundIt = false;
for (i = 0; i < arrayOfInts.length; i++) {
if (arrayOfInts[i] == searchfor) {
foundIt = true;
break;
}
}
if (foundIt) {
System.out.println("Found " + searchfor + " at index " + i);
} else {
System.out.println(searchfor + " not in the array");
}
}
}
This program searches for the number 12 in an array. The
break
statement, shown in boldface, terminates the for
loop when that value is found. Control flow then transfers to the statement
after the for
loop. This program's
output is:Found 12 at index 4
An unlabeled
break
statement
terminates the innermost switch
,
for
, while
,
or do-while
statement, but a
labeled break
terminates an outer
statement. The following program, BreakWithLabelDemo
, is similar to the previous program, but uses
nested for
loops to search for a
value in a two-dimensional array. When the value is found, a labeled break
terminates the outer for
loop (labeled
"search"):
class BreakWithLabelDemo {
public static void main(String[] args) {
int[][] arrayOfInts = {
{ 32, 87, 3, 589 },
{ 12, 1076, 2000, 8 },
{ 622, 127, 77, 955 }
};
int searchfor = 12;
int i;
int j = 0;
boolean foundIt = false;
search:
for (i = 0; i < arrayOfInts.length; i++) {
for (j = 0; j < arrayOfInts[i].length;
j++) {
if (arrayOfInts[i][j] == searchfor) {
foundIt = true;
break search;
}
}
}
if (foundIt) {
System.out.println("Found " + searchfor + " at " + i + ", " + j);
} else {
System.out.println(searchfor + " not in the array");
}
}
}
This is the output of the program.
Found 12 at 1, 0
The
break
statement
terminates the labeled statement; it does not transfer the flow of control to
the label. Control flow is transferred to the statement immediately following
the labeled (terminated) statement.
The continue
Statement
The
continue
statement
skips the current iteration of a for
,
while
, or do-while
loop. The unlabeled form skips to the end of the innermost loop's body and
evaluates the boolean
expression
that controls the loop. The following program, ContinueDemo
, steps through a String
,
counting the occurences of the letter "p". If the current character
is not a p, the continue
statement
skips the rest of the loop and proceeds to the next character. If it is
a "p", the program increments the letter count.
class ContinueDemo {
public static void main(String[] args) {
String searchMe = "peter piper picked a " + "peck of pickled peppers";
int max = searchMe.length();
int numPs = 0;
for (int i = 0; i < max; i++) {
// interested only in p's
if (searchMe.charAt(i) != 'p')
continue;
// process p's
numPs++;
}
System.out.println("Found " + numPs + " p's in the string.");
}
}
Here is the output of this program:
Found 9 p's in the string.
To see this effect more clearly, try removing the
continue
statement and recompiling. When you run the program again, the count will be
wrong, saying that it found 35 p's instead of 9.
A labeled
continue
statement
skips the current iteration of an outer loop marked with the given label. The
following example program, ContinueWithLabelDemo
,
uses nested loops to search for a substring within another string. Two nested
loops are required: one to iterate over the substring and one to iterate over
the string being searched. The following program, ContinueWithLabelDemo
, uses the labeled form of continue to skip an
iteration in the outer loop.
class ContinueWithLabelDemo {
public static void main(String[] args) {
String searchMe = "Look for a substring in me";
String substring = "sub";
boolean foundIt = false;
int max = searchMe.length() -
substring.length();
test:
for (int i = 0; i <= max; i++) {
int n = substring.length();
int j = i;
int k = 0;
while (n-- != 0) {
if (searchMe.charAt(j++) != substring.charAt(k++)) {
continue test;
}
}
foundIt = true;
break test;
}
System.out.println(foundIt ? "Found it" : "Didn't find it");
}
}
Here is the output from this program.
Found it
The return
Statement
The last of the branching statements is the
return
statement. The return
statement
exits from the current method, and control flow returns to where the method was
invoked. The return
statement
has two forms: one that returns a value, and one that doesn't. To return a
value, simply put the value (or an expression that calculates the value) after
the return
keyword.return ++count;
The data type of the returned value must match the type of the method's
declared return value. When a method is declared
void
,
use the form of return
that doesn't
return a value.return;
(http://docs.oracle.com/javase/tutorial/java/nutsandbolts/)
B.
SOAL
PRAKTIKUM
1.
Tuliskan
algoritma untuk mencari sisi miring dari suatu segitiga siku-siku jika
diketahui diketahui panjang dua sisi yang membentuk sudut siku-siku.
Petunjuk:
sisi
miring segitiga siku-siku dapat dihitung dengan rumus pythagoras,
2.
Tuliskan
algoritma untuk menampilkan banyaknya pecahan uang paling efisien dari sejumlah
uang yang di inputkan oleh pengguna.
Pecahan
uang yang digunakan: 100.000, 50.000, 20.000, 10.000, 5.000, 2.000, 1.000, 500,
200, dan 100.
Contoh, untuk uang Rp 12.500,
diperlukan 1 lembar 10.000, 1 lembar 2.000, dan 1 koin 500.
Input : jumlah uang
Output : banyaknya pecahan uang
3.
Buat
algoritma untuk mengkonversi bilangan dalam format desimal menjadi biner.
Input : bilangan desimal
Output : bilangan biner
Ilustrasi:
4. Untuk
menentukan bonus pegawai, berdasarkan ketentuan yang diberikan oleh bagian
personalia dan keuangan sebagai berikut : Pegawai perusahaan digolongkan
menjadi dua golongan, yaitu staf dan non staf. Staf akan mendapatkan bonus
sebesar 1 juta rupiah dengan syarat bahwa ia telah bekerja paling tidak 5 tahun
dan umurnya sudah mencapai 50 tahun; staf yang bekerja kurang dari 5 tahun dan
berapapun umurnya, hanya mendapat bonus sebesar Rp. 500.000. Pegawai non staf
yang telah bekerja lebih dari 5 tahun akan mendapat bonus sebesar Rp. 400.000
jika berumur lebih dari 50 tahun sedangkan pegawai non staf yang berumur kurang
dari 50 tahun hanya mendapat bonus Rp. 250.000. Pegawai staf yang umurnya
kurang dari 50 tahun akan mendapat bonus Rp. 300.000.
Buat algoritmanya?
5.
Tarif
pemasangan iklan baris di sebuah Surat Kabar ditentukan sebagai berikut :
-
Hari : Minggu, Senin, Selasa, Rabu, Kamis dan
Jumat, per baris Rp. 33.000,-
-
Hari : Sabtu, per baris Rp. 40.000,-
Buatlah algoritma untuk
menghitung total biaya iklan baris yang harus dibayar oleh pengiklan.
Input : - Hari (Minggu, Senin, Selasa, Rabu, Kamis,
Jumat atau Sabtu)
-
Jumlah baris yang dipakai
Output : Total biaya iklan
yang harus dibayar pengiklan
Tuliskan
algoritma untuk kasus diatas dalam bentuk flowchart.
6.
Info
Harga Tiket Masuk bioskop Surabaya City adalah sebagai berikut :
-
Senin
– Kamis : Rp 15.000,-
-
Jumat
s/d Minggu : Rp 35.000,-
-
Hari
Libur : Rp 35.000,-
Input : - Hari (Minggu, Senin, Selasa, Rabu, Kamis,
Jumat atau Sabtu)
- Libur atau Tidak Libur
- Jumlah tiket yang dibeli
Output : Total biaya
tiket
Pertanyaan:
Buat algoritma untuk menghitung
total biaya tiket .
7.
Di
sebuah perbelanjaan di Surabaya diadakan Pekan Diskon, dimana perhitungan bonus
dihitung bertingkat untuk total belanja senilai :
-
Rp.
150.000,- diskonnya
: 10%
-
Rp.
275.000,- diskonnya
: 15%
-
Rp.
300.000,- diskonnya
: 20%
-
Rp.
400.000,- ke atas diskonnya : 25%
Diskon tidak dihitung
sebagai akumulasi dari diskon nilai belanja dibawahnya.
Buatlah algoritma untuk
menghitung berapa nilai yang harus dibayar oleh pelanggan dengan total nilai
belanja tertentu bila disertakan pula perhitungan diskonnya.
Input : Total nilai belanja.
Output : Nilai Diskon (dalam rupiah/bukan
persen), Nilai yang harus dibayar
8. Berikut ini adalah
ketentuan untuk menghitung nilai, dan konversi menjadi nilai huruf.
Ketentuannya:
Nilai=((rata-rata tugas*30%)+(UTC*30%)+(UAC*40%))
Input =
tugas1,tugas2,tugas3,UTC,UAC
Output = Nilai Akhir dan Nilai Huruf.
‘A’ jika nilai > 80 dan nilai <= 100
‘AB’ jika nilai > 70 dan nilai <= 80
‘B’ jika nilai > 65 dan nilai <= 70
‘BC’ jika nilai > 60 dan nilai <= 65
‘C’ jika nilai > 55 dan nilai <= 60
‘AB’ jika nilai > 70 dan nilai <= 80
‘B’ jika nilai > 65 dan nilai <= 70
‘BC’ jika nilai > 60 dan nilai <= 65
‘C’ jika nilai > 55 dan nilai <= 60
’D’ jika nilai > 40 dan nilai <= 55
’E’ jika nilai > 0 dan nilai <= 40
9.
Berikut
ini adalah tarif pemakaian Air PDAM Kota Surabaya
Jumlah Pemakaian (m3) Harga/m3
Pemakaian I ( < 50 m3)Rp.200,-
Pemakaian II ( 51 – 150 )Rp. 500,-
Pemakaian III ( 151 – 300 )Rp. 1.000,-
Pemakaian I V ( > 300 m3 )Rp. 1.500,-
Input : Jumlah Pemakaian
Output : Besar biaya yang harus dibayar
Jumlah
Pemakaian = 500 m3
Pemakaian I ( s/d 50
m3) Rp. 200,- * 50 = Rp. 10.000,-
Pemakaian II ( 51 – 150 ) Rp.
500,- * 100 = Rp. 50.000,-
Pemakaian III ( 151 – 300 ) Rp.
1.000,- * 150 = Rp. 150.000,-
Pemakaian IV (
> 300 m3 ) Rp. 1.500,- * 200 = Rp.
300.000,-
Biaya Total Rp.
510.000,-
Pertanyaan: Buat algoritma untuk kasus diatas.
10.
Sebuah
perusahaan kartu kredit memberikan cash back kepada nasabahnya berdasarkan
jumlah nilai pemakaian kartu kredit selama sebulan.
Nilai
pemakaian cash back
--------------------- ----------
s.d
1.000.000 5%
1.000.000
– 10.000.000 6%
10.000.000
– 25.000.000 7%
Diatas
25.000.000 8%
Ilustrasi: seorang nasabah yang
total pemakaian selama sebulan 18.000.000, maka cash backnya=
5%x1.000.000+6%x9.000.000+7%x8.000.000 = 160.000
Buat
algoritma untuk menghitung cash back yang diterima nasabah berdasarkan nilai
pemakaian kartu kredit.
C.
PSOUDOCODE
a.
Soal 1
Pythagoras
Deskripsi
hasil , sisi1,
sisi2 : Double
Implementasi
hasilß
Output(hasil)
End.
b. Soal 2 Pecahan Uang
Deskripsi
seratusribu, limapuluhribu, duapuluhribu, sepuluhribu,
limaribu, duaribu, seribu, limaratus, duaratus, seratus, inputuang, sisa :
Integer
Implementasi
seratusribu ß inputuang/100000;
sisa ßinputuang - (seratusribu*100000);
limapuluhribu ßsisa / 50000;
sisa ßsisa - (limapuluhribu * 50000);
duapuluhribu ßsisa / 20000;
sisa ßsisa - (duapuluhribu * 20000);
sepuluhribu ßsisa / 10000;
sisa ßsisa - (sepuluhribu * 10000);
limaribu ßsisa / 5000;
sisa ßsisa - (limaribu * 5000);
duaribu ßsisa / 2000;
sisa ßsisa - (duaribu * 2000);
seribu ßsisa / 1000;
sisa ßsisa - (seribu * 1000);
limaratus ßsisa / 500;
sisa ßsisa - (limaratus * 500);
seratus ßsisa / 100;
sisa ßsisa - (seratus * 100);
if inputuang >= 100000 then
if
seratusribu == 0 then
Output
(“ ”)
else
Output (seratusribu)
endif
endif
if inputuang >= 50000 then
if
limapuluhribu == 0 then
Output
(“ ”)
else
Output (limapuluhribu)
endif
endif
if inputuang >= 20000 then
if
duapuluhribu == 0 then
Output
(“ ”)
else
Output (duapuluhribu)
endif
endif
if inputuang >= 10000 then
if
sepuluhribu == 0 then
Output
(“ ”)
else
Output (sepuluhribu)
endif
endif
if inputuang >= 5000 then
if
limaribu == 0 then
Output
(“ ”)
else
Output (limaribu)
endif
endif
if inputuang >= 2000 then
if
duaribu == 0 then
Output
(“ ”)
else
Output (duaribu)
endif
endif
if inputuang >= 1000 then
if
seribu == 0 then
Output
(“ ”)
else
Output (seribu)
endif
endif
if inputuang >= 500 then
if
limaratus == 0 then
Output
(“ ”)
else
Output (limaratus)
endif
endif
if inputuang >= 100 then
if
seratus == 0 then
Output
(“ ”)
else
Output (seratus)
endif
endif
if inputuang >= 0 then
Output (sisa)
End if
End.
c. Soal 3 Bilangan Desimal ke Biner
Deskripsi
bilangan , hasil=0 , i=0 :
Integer
Implementasi
While bilangan>0 Repeat
hasil+=bilangan
mod 2 * (int) Math.pow(10, i);
bilangan/=2;
i++;
Output
(hasil)
End.
d. Soal 4 Bonus Pegawai
Deskripsi
nama, pegawai : String
masakerja, umur : Integer
Implementasi
If pegawai = staf
then
If masakerja >=5 and umur >=50 then
Output (bonus)
Else if masakerja < 5 And umur = umur then
Output (bonus)
Else if masakerka = masakerja And umur <
50 then
Output (bonus)
End if
Else If pegawai = nonstaf then
If masakerja >= 5 And umur >=50 then
Output (bonus)
Else
Output (bonus)
End if
Else
Output (Pesan Error)
End.
e. Soal 5 Tarif Iklan
Deskripsi
hari : String
baris : Double
Implementasi
If hari = minggu Or hari = senin Or hari = selasa Or
hari = rabu Or hari = kamis Or hari = jumat then
Output (baris * 33000)
Else if hari = sabtu then
Output (baris * 40000)
Else
Output (Pesan Error)
End.
f.
Soal 6
Harga Tiket
Deskripsi
hari, jenis : String
tiket : Integer
Implementasi
If hari = senin Or hari = selasa Or hari = rabu Or
hari = kamis then
If jenis = tidak then
Output (tiket*15000)
Else
Output (tiket*35000)
Else if hari = jumat Or hari = sabtu Or hari = minggu
If jenis = tidak then
Output (tiket*35000)
Else
Output (tiket*35000)
Else
Output (Pesan Error)
End.
g. Soal 7 Diskon Belanja
Deskripsi
total, diskon, bayar :
Double
Implementasi
if total < 150000 then
diskon ß total * 0%
bayar
ß total - diskon
Output (diskon)
Output (bayar)
Else if total < 275000 then
diskon
ß total * 10%
bayar
ß total - diskon
Output (diskon)
Output (bayar)
Else
if total < 300000 then
diskon
ß total * 15%
bayar
ß total - diskon
Output (diskon)
Output (bayar)
Else
if total < 400000 then
diskon
ß total * 20%
bayar
ß total - diskon
Output (diskon)
Output (bayar)
Else
diskon
ß total * 25%
bayar
ß total - diskon
Output (diskon)
Output (bayar)
End.
h. Soal 8 Nilai Huruf
Deskripsi
Nama : String
tugas1,tugas2,tugas3,UTS,UAS, rata2, total :
Double
Implementasi
rata2 = (tugas1+tugas2+tugas3)/3;
total
= (rata2*(30%))+(UTS*(30%))+(UAS*(40%));
if total > 0 And total <=
40 then
Output (total)
Output (“E”)
else if total > 40 And total
<= 55
Output (total)
Output (“D”)
else if total > 55 And
total <= 60
Output (total)
Output (“C”)
else if total > 60 And total
<= 65
Output (total)
Output (“BC”)
else if total > 65 And total
<= 70
Output (total)
Output (“B”)
else if total > 70 And total
<= 80
Output (total)
Output (“AB”)
else if total > 80 And total
<= 100
Output (total)
Output (“A”)
End.
i.
Soal 9
Tarif PDAM
Deskripsi
Pemakaian : Double
Implementasi
If pemakaian <= 0 then
Output ( pemakaian*0 )
Else if pemakaian <= 50 then
Output ( pemakaian*200)
Else if pemakain <=150 then
Output ((50*200)+((pemakaian - 100) * 500))
Else if pemakaian <= 300 then
Output ((50 * 200) + (100 * 500) +
((pemakaian - 150) * 1000))
Else
Output ((50 * 200) + (100 * 500) + (150 *
1000) + ((pemakaian - 300) * 1500))
End.
j.
Soal 10
Cash Back
Deskripsi
pemakaian1 ß 0 :
Integer
pemakaian2 ß 0 : Integer
pemakaian3 ß 0 : Integer
pemakaian4 ß 0 : Integer
cash_back_total ß 0 :
Integer
jml_pemakaian : Integer
Implementasi
pemakaian1ß1000000
if jml_pemakaian<=1000000 then
pemakaian1 ß jml_pemakaian
Else if jml_pemakaian >
1000000 And jml_pemakaian <= 10000000 then
pemakaian1 ß 10000000
pemakaian2 ß jml_pemakaian – 1000000
Else if jml_pemakaian > 10000000 And jml_pemakaian
<= 25000000 then
pemakaian2 ß 10000000
pemakaian3 ß jml_pemakaian-25000000
Else if jml_pemakaian > 25000000 then
pemakaian2 ß 10000000
pemakaian3 ß 25000000
pemakaian4 ß jml_pemakaian – 25000000
cash_back_total=(pemakaian1*5%)+(pemakaian2*6%)+(pemakaian3*7%)+(pemakaian4*8%)
Output (jml_pemakaian ,
cash_back_total)
End.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar